Rabu, 11 April 2012

Tips Ringan Merawat Motor Matic



Haiii sobat modif,,kali ini saya mau sedikit share merawat sepeda motor matic buat sobatmodif  khususnya yang punya tunggangan sepeda motor matic.yang enggak punya ya engga masalah sekiranya buat referensi aja sudah cukup.Mungkin sobatmodif semua udah tau dan udah rungsing denger tips kaya gini karena tanpa saya share pun sobatmodif sudah tau dan sudah melakukanya tapi ya tidak masalahah kan saya cuma sekedar mengingatkan,apa jadi masalaha!:D hehehe basa basi deh..
Dari pada saya kebanyaken kicauan (kaya burung) hheeh mending langsung saya share aja dech cekid out.

Sekarang ini penggunaan sepeda motor matick sangat pesat banyak pemakai sepeda motor memilih jenis motor ini karena lebih mudah digunakan alias tarik gas langsung capcus cin heheh.selain itu jenis motor yang satu ini juga bisa ddimodifikasi dan jika benar - benar dimodifikasi dengan serius maka hasilnyapun bertambah wah,dan terbukti dari beberapa sobatmodif diluar yang saya temui dan sedikit berbincang- bincang dapat menghasilkan uang dari hasil mdifikasi motor maticnya.
Bisa dibilang saat ini motor matik yang lebih dikenal dengan scuter merajai jalan – jalanan di Ibukota dan tanah air. Bila dulu motor ini lebih diperuntukkan untuk kaum hawa, sekarang kondisinya jauh berbeda semua golongan telah menggunakan kendaraan ini. Melihat peluang dan pangsa pasar yang begitu besar membuat Pabrikan/ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) kendaraan roda dua di Indonesia berlomba mengeluarkan senjata pamungkasnya untuk memproduksi kendaraan jenis skutik tersebut.
Secara umum cara merawat motor matik sama dengan merawat motor lainnya. Hanya saja terdapat beberapa penambahan pada item V Belt-nya saja yang menjadi ciri khas dari motor matik ini. Lakukan cara merawatnya dengan benar agar kondisi motor matik sobatmodif tetap prima dan terhindar dari kerusakan yang serius.Jika terjadi kerusakan yang serius maka akan memakan biaya yang tidak sedikit. Jadi rawatlah motor sobatmodif sesuai prosedur yang benar.
Berikut tips ringan untuk merawat motor matic sobatmodif :

- Lakukan servis umum rutin 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai
- Ganti oli mesin setiap 2000 Km
- Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan menanti minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
- Perhatikan V Belt (letaknya disamping roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.
- Servis karburator tiap 3 bulan sekali.
- Sebaiknya servis motor di bengkel resmi, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani.
- Tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.
- Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
- Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.
- Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama
- Ganti Oli shocbeker setiap 10.000 Km
- Terakhir selalu chek kondisi aki, karena kebanyakan motor matic meruapakan motor full DC yang dimana peran aki sangat berpengaruh dimotor matic.secara untuk tenaga dan kenyamanan dalam berkendaraa

Mudah bukan, apabila kita mentaati tips diatas, maka kendaraansobatmodif akan selalu dalam kondisi prima dan memiliki harga jual yang selalu tinggi.
Semoga Bermanfaat.

 
Design by MotorMotif | Bloggerized by MotorMotif - Theme Blog | MotorMotif