yamaha Indonesia mencoba memopulerkan skuter di Indonesia melalui Yamaha Nouvo pada tahun 2003, walaupun tidak begitu sukses tetapi kepeloporan Nouvo memudahkan Yamaha Mio untuk meraih sukses di kemudian hari.Yamaha Mio meerupakan motor keluaran dari yamaha yang di gadang mampu menyaingi motor keluaran honda yaitu Beat.Tidak seperti pendahulunya (Nouvo) yang terpengaruh desain model bebek (underbone), Yamaha Mio menganut desain bodi skuter murni. Hal ini bisa dilihat dari lingkar roda yang kecil (14 inchi) mengakibatkan jarak yang lapang antara dua sumbu roda.
Mesin full otomatis khas skuter dipasangkan di sepeda motor ini, berkapasitas 113 cc cukup bertenaga dan pas dengan pasar Indonesia. Transmisi otomatis menjadi poin utama dalam kampanye penjualan Mio Sporty terbaru menonjolkan grafis artistik yang sesuai dengan selera konsumen muda. Grafis Mio Sporty menggabungkan pop line art dengan sentuhan yang lebih mewah dan menawan.Mio Sporty menyasar kaum perempuan khususnya anak muda yang ingin tampil fashionable, trendy looking dan cheerful,
Berikut adalh spesifikasi Yamaha Mio Sporty
MESIN :
Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Kipas
Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Kipas
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder : 113,7 cc
Diameter x Langkah : 50,0 × 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 8,8 : 1
Daya Maksimum : 6,14 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum :7,84 Nm / 7000 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan :Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 0,9 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter
Sistim Bahan Bakar : Karburator NCV24 x 1
Tipe Kopling : Kering, Kopling Sentrifugal
Tipe Transmisi : V-belt Otomatis
Pola Pengoperasian Transmisi : CVT Otomatis
Volume Silinder : 113,7 cc
Diameter x Langkah : 50,0 × 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 8,8 : 1
Daya Maksimum : 6,14 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum :7,84 Nm / 7000 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan :Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 0,9 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter
Sistim Bahan Bakar : Karburator NCV24 x 1
Tipe Kopling : Kering, Kopling Sentrifugal
Tipe Transmisi : V-belt Otomatis
Pola Pengoperasian Transmisi : CVT Otomatis
KELISTRIKAN :
Sistem Pengapian : DC-CDIBattery : GM5Z-3B / YB5L-B
Busi : C7HSA (NGK) / U22 FS-U (DENSO)
RANGKA :
Tipe Rangka : Pipa Baja Tulang Bawah / Steel Tube UnderboneSuspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Unit Swing, Suspensi Tunggal
Ban Depan : 70/90-14M/C 34P
Ban Belakang : 80/90-14M/C 40P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
DIMENSI :
P x L x T : 1.820 mm x 675 mm x 1.050 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.240 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 125 mm
Tinggi Tempat Duduk : 745 mm
Berat Isi : CW 92kg, Spoke 94kg
Kapasitas Tangki Bensin : 3,6 Liter
P x L x T : 1.820 mm x 675 mm x 1.050 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.240 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 125 mm
Tinggi Tempat Duduk : 745 mm
Berat Isi : CW 92kg, Spoke 94kg
Kapasitas Tangki Bensin : 3,6 Liter
Berikut beberapa varian warna untuk motor Mio sporty
Yamaha Mio Sporty Hitam
Yamaha Mio Sporty Putih
Yamaha Mio Sporty Hijau
Yamaha Mio Sporty Biru
Semoga Bermanfaat.